Bertele-tele Urus Pengajuan Klaim Kerangka Motor yang Patah, Dialer Honda Bulan Motor Tanjab Barat Dinilai Abaikan Hak Konsumen

Bertele-tele Urus Pengajuan Klaim Kerangka Motor yang Patah, Dialer Honda Bulan Motor Tanjab Barat Dinilai Abaikan Hak Konsumen

BEKABAR.ID, TANJABBARAT - Pengajuan klaim kerangka motor Honda Vario 160 yang patah Milik Syarwedi alias Pomad Warga Kecamatan Tungkal Ilir, Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) di Dialer Honda Bulan Motor tidak jelas diduga abaikan hak konsumen.

Syarwedi mengatakan jika motornya masih dalam masa kredit itu mengalami patah pada bagian rangkanya.

"Pada tanggal 29 September Motor Saya (Syarwedi) dengar merek Honda Vario 160 CBS Accesoris mengalami patah kerangka.

dan saya menelpon salah satu karyawan yang bekerja di Dialer Honda Bulan Motor, ia mengatakan bahwa bisa mengajukan Claim kerangka baru untuk motor saya," katanya, Rabu (3/12/2026).

Syarwedi alias Pomad menyebutkan ke esokan harinya dirinya membawa motor kesayangan tersebut ke dialer Bulan Motor untuk melakukan klaim kerangka yang patah.

"Dan pada tanggal 30 September saya membawa motor saya ke Dialer Honda Bulan motor untuk dilakukan pengecekan atas kerangka motor saya yang patah," ujarnya.

Dirinya mengaku semua syarat sudah terpenuhi sesuai dengan permintaan namun prosesnya tidak jelas dan tarik ulur. Ia mengatakan klaim tersebut merupakan hak konsumen sebagaimana diatur dalam UU konsumen.

"Semua syarat dan prosedur yang diminta oleh Dialer bulan motor sudah saya penuhi, dan kata salah satu karyawan bulan motor  bahwa data motor saya sudah dikirim, dan menunggu untuk datang kerangka motor yang baru. Ketika saya bertanya ke karyawan bulan motor untuk waktu datangnya kerangka motor, mereka tidak memberikan jawaban yang pasti kapan datang kerangka tersebut, ada yang mengatakan 2 sampai 3 bulan dan ada yang mengatakan sampai 4 bulan," paparnya.

Ia kemudian mempertanyakan kembali atas ajuan yang dilakukan oleh dirinya. Namun jawaban berbeda kembali terjadi dengan menyebutkan jika kerangka baru bisa diganti selama 10 bulan kedepan.

"Pada tanggal 2 Desember saya mencoba menghubungi salah satu karyawan Dialer  bulan motor lewat telepon WhatSapp (WA) untuk menanyakan tentang informasi kerangka yang baru," ucapnya.

" Karyawan itu mengatakan bahwa untuk kerangka motor saya itu kemungkinan, akan datang sekitar 10 bulanan.

Hal ini yang membuat saya menjadi bingung, dan pihak yang dirugikan karena tidak adanya kepastian kapan datangnya kerangka motor yang baru." tandasnya.

Sementara itu, pihak dialer  bulan motor Kuala Tungkal, Tanjabbar masih berusaha dikonfirmasi. (*)