Safrial Buka Bimtek Pengelolaan Keuangan Daerah

Safrial Buka Bimtek Pengelolaan Keuangan Daerah

0

Bekabar.id, Kuala Tungkal - Bupati Tanjung Jabung Barat Dr. Ir. H Safrial MS membuka secara resmi kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Keuangan Daerah 2019 yang diselenggarakan di Pola Utama Kantor Bupati. Selasa (19/11).

Selaku Ketua Panitia, Kepala BPKAD Rajiun Sitohang mengatakan Ruang Lingkup keuangan bagi suatu Intitusi mencakup keseluruhan kеgiatаn pengelolaan keuangan, yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, pertanggungjawaban, dan pengawasan. Menurutnya, penataan keuangan sebuah institusi sebagai bagian dari pengelolaan keuangan Daerah akan memegang peranan penting dalam proses pengelolaan kеuаngаn secara keseluruhan. Terkait hal itu, menurutnya, kualitas Sumber Daya Manusia(SDM) di bidang penatausahaan dan akuntansi keuangan harus diperkuat, agar pelaksanaan pengelolaan keuangan Daerah dapat berjalan dengan baik.

"Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta tentang keuangan Daerah, khususnya dalam hal penatausahaan keuangan Daerah sehingga peserta diharapkan akan mampu melakukan tugas penatausahaan keuangan Daerah" kata Raji'un

Sementara itu Safrial Dalam sambutannya menuturkan, pengelolaan keuangan daerah adalah merupakan salah satu bagian penting dalam pemerintahan.

" Bimbingan Teknis pengelolaan keuangan daerah ini merupakan Salah satu langkah pemerintah daerah dalam proses penyusunan laporan keuangan tahun 2019 dan diharapkan dapat mendorong mewujudkan pemerintahan yang bersih Dan tata kelola Yang baik (Red. Clean goverment and governance) Yang merupakan kunci kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah" ungkapnya.

Mengakhiri sambutannya Safrial berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan aparatur yang terlibat dalam pengelolaan keuangan dan penyusunan laporan keuangan SKPD sehingga laporan keuangan yang disusun sesuai dengan peraturan perundang- undangan yang berlaku.

Kegiatan pembukaan Bimtek tersebut turut dihadiri juga oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Ir H Agus Sanusi, para Asisten, Kepala OPD, Camat serta undangan lainya.(red)